Senin, 01 September 2014

Scorpio FullWave atau kelistrikan DC

Malang - Lebaran 2014 H+ 2 minggu baru mudik, sengaja untuk menormalkan suasana. kalau mudk hari H pasti toko-toko pada tutup dan orang-orang semua sibuk, jadi niat dari awal memang berangkat mudik H+. Berawal dari seringnya main kopling membuat jengkel pada lampu yang suka redup kalau berkendara, apa lagi saya suka perjalanan malam. tanya teman katanya merubah kelistrikan Scorpio sampe 500K. Iseng waktu di Malang awal tahun 2014, tanya sama sodara SRM (Scorpio Riders Malang) Sam Ilyas (Sam artinya Mas, bahasa Ngalam/malang) soal dimana merubah arus AC ke DC dan berapa budgetnya. Sam Ilyas kasi tau kalau merubah arus ke Sam Bambang aja, paling ya 150k sampai 200k, terkejut dengan harga itu. Pulang ke Bali nabung buat FullWave nanti habis lebaran balik lagi pas mudik. ketika balik lagi buat mudik ke Malang, cari Sam Ilyas buat anter ke rumah Sam bambang. Setelah di anter ternyata deket rumah, jodoh memang tidak kemana. sampai rumah Sam Bambang, parkir motor trus basa basi dulu sambil nunggu motor dingin. Habis itu Sam Bambang Prepare dan langsung eksekusi...
Dan yang disuru dipersiapkan Sam Bambang sebelumnya itu :


1. Kiprok Tiger (tipe terserah yang penting kiprok Tiger, kalo yang saya beli KW Super :D ).
 

2. Soket kiprok Tiger.












3. Packing block kiri Scorpio (buat antisipasi jika membuka block mesin packingnya robek)

Dan budget untuk 3 item tersebut hanya tak lebih 120k.
Setelah di cek tidak ada yang ketinggalan, Sam Bambang mengeluarkan Oli mesin alias ngeTap oli, setelah oli mesin keluar sampe tetes terakhir, baru membuka block mesin sbelah kiri. Dan terlihatlah spul nempel di bloknya.
gambar dari Bro Bernard the rider 225
Maaf gambar nyomot dari Bro Bernard soalnya waktu lalu bongkar ga sempet foto, Gambar diatas adalah spul scorpio normal.

gambar dari Bro Bernard the rider 225
Dan yang gambar diatas ini spul yang sudah dirubah dengan menyambungkan kabel center tap ke kabel ground spul. jangan lupa kasi kabel kerut/isolasi bakar/apalah yang bisa menutup sambungan itu supaya tidak menyentuh body. dan pastikan kabel tidak bergerak.
Setelah itu tutup kembali seperti semula, dan masukkan Oli yang tadi di tap. Selesai sudah tahap pertama, skarang tahap ke kiprok.
Tapi sebelum kiprok ke soket kabel yang dari Spul. kabel kuning yang sudah dirubah pada  spul otomatis harus merubah pada soket yang terhubung, dimana soketnya? ikutin pada kabel yang keluar banyak warna warni dari blok mesin ke atas itu.


Cabut kabel warna kuning tersebut dari soket seperti gambar dibawah.



Pasang kiprok baru, dan cabut kabel kabel pada soketnya, untuk menyabut kabel dari soket dianjurkan mencari kawan, ini untuk mencabut tanpa memotong. Jadi kuningan skun tetap menempel.
Setelah dilepas semua, pasang kembali pada soket yang baru (sesuai kiprok). Dengan urutan seperti gambar dibawah.
skema soket kiprok DC

Masukkan kabel pada soket yang baru sesuai urutan tersebut, Kecuali kabel warna kuning garis merah, kabel tersebut sudah tidak dipergunakan lagi. dan diganti dengan kabel kuning dari spul yang sudaj dilepas sebelumnya, maka dari itu skema gambar di atas spul ada 2 titik dan untuk warna bebas kuning dikiri atau kanan. untuk titik tengah yang kosong itu dimasukkan kabel warna coklat fungsinya untuk Volt Monitor (dikarenakan kabel coklat habis, saya gunakan kabel hijau) contoh seperti pada gambar di bawah.

Kiprok Tiger ke Scorpio

Semua sudah beres, tinggal listrik untuk lampu utama. Karena sebelumnya kabel kuning garis merah sudah dicabut maka lampu utama tidak memdapat listrik. Maka buka batok kepala lampu, cari kabel coklat dan jumper dengan kebel kuning garis merah di batok kepala lampu. maka hiduplah semua kelistrikan Scorpio dan arus sudah menjadi DC.
Dan ini salah satu penampakannya.
RSCUBA #002




Nuwus seng katah buat Sam Bambang mburing SRM atas oleh-olehnya dari Malang.

21 komentar:

  1. Terimakasih brother atas postingannya sangatlah bermanfaat bagi kita semua
    Saya bingungnya pada kabel Hijau kutub Baterai -(grond) kita sambungkan dimana kan di kiprok scorpio aslinya ga ada, atau kah kita tambahkan kabel baru yg langsung berhubung dg kutub Baterai - . Mohon penjelasannya
    Salam Busi Kiri,
    Hormat Bali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabel hijau kutub - ( Negatif ) dipasang di body motor bro

      Hapus
    2. Bro sya mau gabung sma RSCUBA bro...598d8613 tu pin q...sya tnggu confirm.nya

      Hapus
    3. Bro sya mau gabung sma RSCUBA bro...598d8613 tu pin q...sya tnggu confirm.nya

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Bro, RSCUBA msih eksis kah...sya mau gabung

    BalasHapus
  5. 598d8613 aq tnggu bro...salam sengat

    BalasHapus
  6. Ane udh coba rangkain ke fullwave tp ko aki sering drop dan ga kuat stater

    BalasHapus
  7. Ane udh coba rangkain ke fullwave tp ko aki sering drop dan ga kuat stater

    BalasHapus
  8. Pagi sam mau tanya alamat temannya yg di malang itu daerah mana ya?trimakasih

    BalasHapus
  9. Haloo mas.. Itu kabel volt monitor dri kiprok.. Larinya kmana ya.. Masih bingung 😀?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil kabel coklat yang dari kontak on off pasang di tengah antara aki dan ground. tapi jangan di potong ya kabel coklatnya. tapi di jumper saja cukup.

      Hapus
  10. Lama ga ke urus blog RSCUBA coba buka, banyak pengunjungnya. Info tentang RSCUBA langsung hub. Bro Donny RSCUBA 001, 081-741-97918.

    BalasHapus
  11. Lama ga ke urus blog RSCUBA coba buka, banyak pengunjungnya. Info tentang RSCUBA langsung hub. Bro Donny RSCUBA 001, 081-741-97918.

    BalasHapus
  12. Salam hangat bro
    Maff numpang tanya
    Sya bru pke rangkayan fullwave
    Dan msih bingung rangkayan fullwavenya all hsil aki jdi tekor..
    Karna kbel kning geris mreh di pasang trus kbel coklat yG di btok sya jamper ke kontak krna liat blog tetangga jga.. sebetulnya hru gmn bro biar aki gak tekor.?

    BalasHapus
  13. bagi tutorial vidieo nya om klo ada
    masih binggung urut2 kabelnya

    BalasHapus
  14. Kuning gris merah smbung ke kbel warna apa min?

    BalasHapus
  15. Jadi yg dari spul ke kiprok warna apa saja bos,? Salam dri plat R

    BalasHapus